--- Jangan lupa tanggal 9 April, Mari kita sukseskan pemilu legislatif tahun 2014 ---
> Profil
> Struktur Organisasi
> Standar Pelayanan
> Mekanisme Pengaduan
> Profil Petugas
> CODEX
> IPPC
> OIE
> APHIS
> AQIS
> IPFSAPH
> NZFSA
> USDA
> Kementan
> Barantan
> Ditjennak
> Depkes
> IAS
> Badan POM
> Bea Cukai
> BKIPM
> Operasional Karantina Hewan
> Prosedur Karantina Hewan
> Instalasi
> Media Pembawa & HPHK
> Operasional
> Prosedur
> Media Pembawa & OPT/OPTK
> Fumigasi
07/02/2014
Perpisahan Kepala BBKP Sby: Ir. Purwo Widiarto, MMA
Perpisahan Kepala BBKP Sby: Ir. Purwo Widiarto yang berpindah tugas ke BBKP Tanjung Priok - Jakarta terhitung sejak 30 Januari 2014.

08/01/2014
RAKERNAS BARANTAN
Rapat Kerja Nasional Badan Karantina Pertanian diselenggarakan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, tgl 08 - 10 Januari 2014. Peserta UPT Barantan

13/11/2013
Rapat Koordinasi dan Harmonisasi
Rapat Koordinasi dan Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan lalulintas Hewan dan produk hewan di Hotel Santika Pandigiling.

Anda pengunjung ke 1205039
4
Orang sedang membuka
  
PELATIHAN PENINGKATAN PENGETAHUAN KEAMANAN PANGAN PRODUK SEGAR ASAL TUMBUHAN DAN HEWAN
14-Dec-2011

Surabaya, 2011. Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya bekerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Peningkatan Pengetahuan Keamanan Pangan Produk Segar asal Tumbuhan dan Hewan bagi Laboran Karantina Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi  Jawa Timur pada hari Senin, tanggal 5 Desember 2011 di Aula Kantor Pusat BBKP Surabaya.

Pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Karantina Pertanian dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Nomor: 1717/HK.060/L/06/07 dan 5222/JO3/KP/2007,  tanggal 23 Juni 2007 tentang Kerjasama dalam bidang pengembangan Sumberdaya Manusia serta IPTEK karantina hewan lingkup Badan Karantina Pertanian.  Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengawasan terhadap PSAH dan PSAT.

Peserta dari pelatihan ini terdiri dari: Tim Pengmas Unair, personel Laboratorium Uji Karantina Hewan dan Tumbuhan BBKP Surabaya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan lingkup propinsi Jawa Timur dan Pusat Veterinaria Farma Keseluruhan rangkaian acara diawali dengan sambutan Kepala Bagian Umum BBKP Surabaya: Suparmin, SE, MM dan Ketua Tim Pengmas Unair: Prof. Dr. drh. Lazuardi, MS yang dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dari Ketua Tim Pengmas kepada BBKP Surabaya.

Selanjutnya, secara garis besar acara inti terbagi menjadi dua sesi. Sebelum sesi pertama dimulai, peserta diberikan soal-soal pretest untuk menilai kemampuan peserta sebelum pelatihan.  Materi yang disampaikan pada sesi ini adalah: a).  Instrumentasi Bioanalisis / Pemantauan Residu Bahan Kimia dan Obat oleh Arnie Mariani, S.Si, Apt. (PT. Rafa Topaz Utama); b). Pemeriksaan Produk Segar asal Hewan dan Tumbuhan oleh Dra. Nuraini Farida, Apt, MS (Tim Pengmas Unair); dan c). Dasar Pemeriksaan Produk Segar Asal Tumbuhan dan Hewan secara Immunoassay oleh Dr. drh. Hardijanto, MS (Tim Pengmas Unair).

Sedangkan pada sesi kedua, materi yang disampaikan adalah mengenai Dampak Bahan Kimia Berbahaya bagi Kesehatan dan Dampak Bahan Kimia Berbahaya bagi Tumbuh Kembang Anak oleh dr. Bambang Hermanto, MS dan Dr. Harianto Husein, MS, dari Tim Pengmas UNAIR. Sebagai penutup dari sesi ini, Ketua Tim Pengmas, Prof. Lazuardi menyampaikan materi mengenai Dasar-dasar Pemeriksaan Produk Segar Asal Tumbuhan berdasarkan spektrofotometer UV Vis Fluorescence, KCKT, SSA, dan Spektrum Massa.  
Setelah acara diskusi dan tanya jawab, acara ditutup dengan post test, penyerahan sertifikat secara simbolis dari Tim Pengmas UNAIR kepada perwakilan narasumber dan pembagian doorprize kepada peserta  (by:herny/sarie).


Kegiatan Peningkatan Pengetahuan Keamanan Pangan Produk Segar asal Tumbuhan dan Hewan dibuka oleh Kepala Bagian Umum dan Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan BBKP Surabaya didampingi oleh Prof. Dr. drh. Moch. Lazuardi dan drh. Lilik Maslachah, MKes dari Tim Pengmas Unair.


Penyerahan tali asih dari Ketua Tim Pengmas kepada BBKP Surabaya yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan BBKP Surabaya, drh. Nur Hartanto


Arnie Mariani, S.Si, Apt. dari PT. Rafa Topaz Utama menyampaikan materi mengenai Instrumentasi Bioanalisis / Pemantauan Residu Bahan Kimia dan Obat


Dra. Nuraini Farida, Apt, MS dari Tim Pengmas Unair menyampaikan materi mengenai Pemeriksaan Produk Segar Asal Tumbuhan dan Hewan


Penyerahan sertifikat secara simbolis dari Ketua Tim Pengmas Unair kepada perwakilan narasumber, yaitu Arnie Mariani, S.Si, Apt. dari PT. Rafa Topaz Utama dan dr. Bambang Hermanto, MS dari Tim Pengmas Unair


By Herny / Sarie

  




Wilayah Kerja

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

APRIL 2014
Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Ebook Online - HPHK



Download Peraturan Pemerintah
Peraturan Perundang - Undangan


info@karantinapertaniansby.com



031 - 867 3997 (Hunting)
031 - 867 3996 (Fax)

Mutu Pelayanan BBKP Surabaya
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Kurang Baik
Lihat hasil
Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya - 2012 | admin | webmail